Jamin Ketersedian Air Bersih Dan Sanitasi Bappeda Bolmong Gelar Sosialisasi Pamsimas

Bolmong,TBnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow terus memaksimalkan ketersedian air bersih dan sanitasi bagi warga Bolaang Mongondow. Hal terlihat dari kegiatan yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten yaitu Sosialisasi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang di Ruang Rapat Kantor Bappeda Senin, 24/8 kemarin. Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan pelaksanaan program pamsimas dan program air minum dan sanitasi lainnya yang dikelola atau dilaksanakan di wilayah Kabupaten.

Selain itu, untuk mendukung pencapaian akses universal air minum dan sanitasi, menjaring peminat tentang kebutuhan bantuan program air minum dan sanitasi, menumbuhkan kesadaran bersama bahwa pencapaian akses universal air minum dan sanitasi merupakan program bersama yang membutuhkan kerjasama antara Pemerintah pusat sampai dengan desa, serta pelaku lainnya dan masyarakat.

Tahlis menyampaikan, kegiatan ini harus dilaksanakan dengan baik. Dimana pada penerapannya, Kabupaten Bolaang Mongondow sejak 2017 hingga saat ini sudah memiliki Pamsimas III.

“Sejak Tahun 2017 sampai dengan Tahun 2019, Program Pamsimas sudah menyentuh 45 Desa yang tersebar di 13 Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow,”Kata Tahlis, yang juga selaku Panitia Kemitraan (Pakem) Pamsimas III Bolmong.

Terpisah, Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan, Wincy Mokorimban mengatakan, output yang diharapkan dari pelaksanaan Sosialisasi Kabupaten Pamsimas III ini yakni pernyataan minat dari Pemerintah desa untuk mendapatkan bantuan program, dukungan dari Pemerintah kecamatan untuk pendampingan pengajuan usulan atau minat dari Pemerintah desa dan masyarakat “Sehingga untuk mendapatkan bantuan program Pamsimas, Pemerintah desa dan kecamatan serta masyarakat untuk proses penyusunan proposal dan sosialisasi tingkat desa atau kecamatan,”Kata Wincy.

Ia melanjutkan, Bolmong merupakan salah satu peserta Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Tahun 2017-2020, yang saat ini masih dalam tahap penyiapan seluruh kelengkapan sebagai prasyarat untuk mendapatkan kegiatan fisik di tahun anggaran berikut.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini untuk persiapan Pamsimas III tahun 2021,” jelas Wincy Mokorimban.
Diketahui, hadir dalam pelaksanaan tersebut, seluruh perwakilan SKPD, para camat serta Banggar DPRD diwakili oleh Anggota DPRD Supandri Damogalad dan Marten Tangkere dengan protokol kesehatan Covid-19,”Pungkasnya. (**)